Hubungan Minat Kejuruan Dengan Hasil Belajar Instalasi Listrik Dasar Siswa Kelas X TITL di SMK N 5 Padang

Rusadi, Fani (2013) Hubungan Minat Kejuruan Dengan Hasil Belajar Instalasi Listrik Dasar Siswa Kelas X TITL di SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FANI_ RUSADI_87741_591_2013.pdf] Text
B1_03_FANI_ RUSADI_87741_591_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi masalah rendahnya hasil belajar yang
dicapai siswa dalam mata diklat instalasi listrik dasar, terdapatnya 64,3% yang
mendapatkan nilai di bawah nilai rata-rata lulus mata diklat ILD (<7,50).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat kejuruan dengan hasil
belajar instalasi listrik dasar siswa kelas X TITL di SMK N 5 Padang pada tahun
ajaran 2011/2012.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian korelasional yang bersifat
deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 72 orang siswa kelas X Teknik
Listrik pada bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 5 Padang
yang telah mengikuti pembelajaran Instalasi Listrik Dasar (ILD) tahun 2011/2012.
Data dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang
dijaring dengan angket adalah variabel Minat Kejuruan sedangkan untuk variabel
Hasil Belajar Instalasi Listrik Dasar (ILD) dijaring dengan menggunakan tes
objektif berbentuk pilihan berganda. Instrument penelitian menggunakan angket
dalam bentuk skala likert sebanyak 40 item minat kejuruan dan 40 item soal.
Untuk uji validalitas butir angket menggunakan product moment dimana minat
kejuruan terdapat 5 item yang gugur sehingga r hitung yang didapat sebesar 0,267,
Reliabilitas (keterandalan) instrument penelitian diuji dengan rumus koefisien
alpha yaitu sebesar 0,843 untuk angket minat kejuruan, sedangkan untuk tes diuji
dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,933 untuk instrument hasil belajar instalasi
listrik dasar.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis product moment pada
taraf signifikan ά = 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, terdapat
hubungan yang signifikan antara minat kejuruan dengan hasil belajar instalasi
listrik dasar rhitung = 0,682 > rtabel = 0,242 dengan kontribusi sebesar 46,51 %.
Dapat disimpulkan bahwa minat kejuruan merupakan faktor yang berhubungan
dengan hasil belajar siswa, faktor tersebut dianggap penting. Minat kejuruan yang
tinggi akan berdampak pada hasil belajar yang baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:08
Last Modified: 15 Sep 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item
View Item