Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Koperindag terhadap Kepuasan Pedagang Malam di Kota Payakumbuh

Prasetio, Nurwahidan (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Koperindag terhadap Kepuasan Pedagang Malam di Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NURWAHIDAN_PRASETIO_1305916_2969_2017.pdf] Text
B1_05_NURWAHIDAN_PRASETIO_1305916_2969_2017.pdf

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Dinas Koperindag terhadap kepuasan pedagang malam di Kota Payakumbuh. Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena masih adanya pedagang malam di Kota Payakumbuh yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan Dinas Koperindag selaku pelaksana tugas dalam hal pemberian pelayanan kepada PKL.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pedagang malam yang ada di Kota Payakumbuh yang berjumlah 254 pedagang malam. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 155 pedagang malam dengan tingkat kesalahan 5% dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada responden dengan pengukuran skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
dengan menggunakan regresi linear berganda.
Dari analisis data yang telah dilakukan maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel tangibleterhadapkepuasan sebesar 10,5, pengaruh
variabel reliableterhadapkepuasan sebesar 2%, pengaruh variabel responsivenes terhadap kepuasansebesar 6%, pengaruh variabel competence terhadap kepuasan sebesar 2%, pengaruh variabel courtesy terhadap kepuasan sebesar 11,7%,
pengaruh variabel credibility terhadapsebesar 7,1%, pengaruh variabel securityterhadapkepuasan sebesar 8,1%, pengaruh variabelaccessterhadapkepuasan sebesar 6,6%, pengaruh variabelcommunicationterhadapkepuasan sebesar 6,7%, pengaruh variabelunderstanding the stomersterhadapkepuasan sebesar 5,8%, dan secara
bersama-sama pengaruhtangible,reliable, responsiveness, competence, courtesy,
credibility, security, access, communication, dan understanding the customers
Dinas Koperindag terhadap kepuasan pedagang malam di Kota sebesar 19,3%.
Sehingga dapat ditarik kesimpulah bahwa kualitas pelayanan Dinas Koperindag
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pedagang malam di Kota
Payakumbuh baik secara persial maupun bersama-sama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:26
Last Modified: 12 Sep 2025 09:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24122

Actions (login required)

View Item
View Item