Rustam, Nurul Ilmarsah (2016) Pengaruh LKS Terintegrasi Materi Gempa Bumi pada Konsep Usaha, Energi, Momentum, dan Impuls terhadap Kompetensi Fisika Kelas XI SMAN 4 Padang dalam Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Problem Solving. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_NURUL_ILMARSAH_RUSTAM_1201429_1691_2016.pdf [thumbnail of B1_05_NURUL_ILMARSAH_RUSTAM_1201429_1691_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_NURUL_ILMARSAH_RUSTAM_1201429_1691_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Hakikatnya pembelajaran Fisika merupakan pembelajaran yang
kontekstual dan autentik. Kenyataannya, pembelajaran ini belum terlaksana secara maksimal sehingga kemampuan berpikir kritis, motivasi, dan pemecahan masalah siswa masih dalam kategori rendah. Permasalahan ini dapat diatasi dengan
berbagai cara salah satunya dengan mengintegrasikan materi gempa bumi ke dalam materi Fisika. Kemudian, dibantu dengan langkah-langkah pembelajaran SSCS Problem Solving. Semuanya, disajikan secara menarik dalam bentuk bahan ajar berupa LKS (Lembar Kerja Siswa). Pengintegrasian materi gempa bumi
bermaksud untuk membentuk sikap tanggap bencana pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menyelidiki pengaruh LKS terintegrasi materi gempa bumi, 2) Menyelidiki kontribusi LKS terintegrasi materi gempa bumi,
serta 3) Menyelidiki pengaruh model pembelajaran SSCS Problem Solving terhadap kompetensi Fisika kelas XI SMAN 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling, didapatkan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian adalah nilai kompetensi sikap, pengetahuan,
keterampilan dan LKS terintegrasi materi energi gempa bumi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian antar siswa untuk kompetensi sikap, tes akhir untuk kompetensi pengetahuan, rubrik penskoran
untuk kompetensi keterampilan. Selain itu, terdapat instrumen penilaian LKS sesuai dengan model pembelajaran. Analisis data menggunakan uji normalitas,homogenitas, kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05, uji regresi linear, dan uji korelasi. Hasil penelitian kompetensi Fisika siswa kelas XI SMAN 4 Padang diperoleh perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sampel, dimana kelas
eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi. Pada kelas eksperimen kompetensi sikap 85,20; pengetahuan 83,26; keterampilan 85. Kelas kontrol, kompetensi sikap 82,15; pengetahuan 77,09; keterampilan 82,34 maka hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh LKS terintegrasi materi gempa bumi terhadap kompetensi Fisika siswa, 2) Besarnya kontribusi LKS teintegrasi materi gempa
bumi pada kompetensi sikap adalah 63,62%, pengetahuan 81,02% dan keterampilan 42,33%. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS Problem Solving terhadap kompetensi Fisika siswa XI SMAN 4 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 09:23 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 09:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24120 |