Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Virtual Laboratory pada Model Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sitiung Dharmasraya

Hasanah, Nurul Fajri (2018) Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Virtual Laboratory pada Model Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sitiung Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NURUL_FAJRI_HASANAH_1301604_522_2018.pdf] Text
B1_05_NURUL_FAJRI_HASANAH_1301604_522_2018.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran fisika menunjukkan hasil yang kurang optimal karena model pembelajaran dan bahan ajar belum menuntut peran aktif peserta didik dalam menemukan konsep. Dalam proses pembelajaran masih banyak kegiatan yang didominasi oleh pendidik,sehingga tidak meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran fisika memerlukan LKPD yang dapat melihat proses dan mencobakan. LKPD yang dimaksud adalah LKPD berbasis virtual laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan
LKPD berbasis virtual laboratory pada model inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Teknik analisis yang
digunakan berupa uji kesamaan dua rata-rata. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Sitiung yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018
dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu XI MIA 2 menggunakan LKPD berbasis virtual laboratory dan kelas kontrol yaitu XI MIA 3
menggunakan LKPD yang biasa digunakan di sekolah.
Hasil penelitian berupa kompetensi siswa terdiri dari tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai rata-rata kompetensi sikap diperoleh untuk kelas eksperimen sebesar 88,25 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata
kelas kontrol sebesar 85,13. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t hitung= 1,98 > ttabel = 1,67. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan diperoleh untuk kelas eksperimen 75,78 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,13. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t hitung = 2,08 > ttabel = 1,67. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan untuk kelas eksperimen sebesar 74,81 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,00. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh thitung = 1,69 > t
tabel = 1,67. Jadi ,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKPD berbasis virtual laboratory pada model inkuiri terbimbing terhadap kompetensi
fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Sitiung pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:13
Last Modified: 12 Sep 2025 09:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

View Item
View Item