Pengaruh Model Pembelajaran Type Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 2 Lubuk Basung

Yulisman, Febra (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Type Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_FEBRA_YULISMAN_1302733_554_2018.pdf] Text
final_B1_09_FEBRA_YULISMAN_1302733_554_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak terdapatnya prestasi belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa adalah proses pembelajaran yang tidak menarik dan cenderung membosankan serta belum efektifnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran type think pair share (TPS) untuk melihat prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Randomize Control Group Only Design. Sampel penelitian yaitu kelas XI TO 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran type think pair share (TPS) dan kelas XI TO 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan tes prestasi belajar berupa tes objektif. Data penelitian ini merupakan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Prestasi belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran type think pair share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 83 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional nilai rata- ratanya 78,12. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung sebesar 3,29 sedangkan ttabel sebesar 1,677. Hal ini berarti thitung> ttabel, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian pada pokok bahasan Mengidentifikasi Sistem Pengisian kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TYPE THINK PAIR SHARE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:13
Last Modified: 12 Sep 2025 09:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24114

Actions (login required)

View Item
View Item