Fajra, Nurul (2018) Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Tema Gerak Disekitar Kita Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_NURUL_FAJRA_14033015_524_2018.pdf [thumbnail of B1_05_NURUL_FAJRA_14033015_524_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_NURUL_FAJRA_14033015_524_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Keterpaduan materi dalam pembelajaran IPA di SMP diperlukan dalam kurikulum 2013. Keterpaduan materi pembelajaran IPA mencakup Fisika, Kimia,dan Biologi. Keterpaduan materi dalam pembelajaran IPA diperkirakan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Kondisi nyata yang ditemukan di sekolah
menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA terpadu belum sesuai kondisi yang diharapkan. Solusi dari masalah adalah menerapkan buku ajar IPA terpadu tema gerak dalam model pembelajaran kontekstual adaptif. Tujuan penelitian yaitu untuk menentukan pengaruh dari penerapan buku ajar IPA terpadu tema gerak disekitar kita dalam model pembelajaran kontekstual adaptif terhadap komptensi siswa kelas
VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment Research dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas
VIII SMPN 8 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII C yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian untuk kompetensi pengetahuan adalah tes tertulis berbentuk pilihan
ganda, kompetensi sikap adalah lembar observasi dan kompetensi keterampilan adalah lembar penilaian kinerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis
statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji korelasi product moment, uji perbandingan, dan uji besar pengaruh variabel bebas (koefisien determinasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan buku ajar IPA terpadu tema gerak disekitar kita dalam model pembelajaran kontekstual adaptif memberikan pengaruh yang berarti pada ketiga aspek kompetensi siswa kelas VIII mencakup
pengetahuan, sikap dan keterampilan di SMPN 8 Padang pada taraf kepercayaan 95 %. Artinya, penerapan buku ajar IPA terpadu tema gerak disekitar kita dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada proses pembelajaran IPA terpadu
memberikan pengaruh pada ketiga aspek kompetensi siswa kelas VIII di SMPN 8 Padang. Kompetensi tersebut meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 09:12 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 09:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24111 |