Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang

Yolanda, Prisca (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PRISCA_YOLANDA_15652_4767_2014.pdf] Text
final_B1_6_PRISCA_YOLANDA_15652_4767_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang dilakukan secara konvensional oleh guru. Guru belum mengggunakan model pembelajaran yang inovatif dan berpusat kepada guru sehingga banyak siswa yang bosan dalam mengikuti pembelajaran menyebabkan standar ketuntasan belajar yang ditetapkan dalam pembelajaran PKn belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran PKn dengan model cooperative learning tipe GI di kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu : Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tahap-tahap model cooperative learning tipe GI, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa. Hasil penilaian perencanaan siklus I 76,7% kriteria baik, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 92,8% kriteria sangat baik. Aktivitas guru siklus I 79,1% dengan kriteria baik, dan siklus II meningkat menjadi 91,6% kriteria sangat baik, aktivitas siswa siklus I 78,1% kriteria baik, dan siklus II meningkat menjadi 89,5% kriteria sangat Baik. Terbukti dari hasil belajar siswa siklus I yaitu 60,9% dan siklus II 91,0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan model cooperative learning tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:45
Last Modified: 12 Sep 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item
View Item