Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Pembuatan Mind Mapping Di Kelas V 22 Kampung Taji Lubuk Sikaping.

Brigita, Prima (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Pembuatan Mind Mapping Di Kelas V 22 Kampung Taji Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PRIMA_BRIGITA_2386_2012.pdf] Text
final_B1_6_PRIMA_BRIGITA_2386_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS, hal ini karena guru di kelas masih dominan belum menggunakan metode yang berfariasi dan guru belum bisa mengembangkan pemikiran siswa akan belajar lebih bermakna, serta guru masih fokus pada buku paket saja disaat mengajar di kelas, sehingga hal demikian membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep dalam pembalajaran IPS. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, rancangan penelitian ini meliputi: menyusun rancangan tindakan berupa RPP, menyusun indikator, deskriptor, dan kriteria pembalajaran IPS dalam pembuatan serta data berupa pedoman pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dengan pembuatan mind mapping maka didapatkan hasil perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 78.5%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 89.3%. Pada pelaksanaan siklus I pada aspek guru diperoleh rata-rata 79.7%, dan aspek siswa 79.7%. sedangkan pada siklus II pada aspek guru diperoleh rata-rata 87.5%, dan aspek siswa 84.4%. Selanjutnya hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siklus I pertemuan 1adalah 54%. Setelah dilanjutkan ke siklus I pertemuan II adalah 66% didapatkan rata-rata hasil belajar siswa siklus 1 dan siklus II adalah 56,7% . Sedangkan hasil belajar IPS pada siklus II pertemuan 1 adalah 70% setelah dilanjutkan kesiklus ke II pertemuan II hasil belajar yang didapatkan adalah 87%, dan didapatkan hasil belajar siswa pada siklus I dan II adalah 78,02%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan pembuatan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 22 Kampung Taji Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:44
Last Modified: 12 Sep 2025 08:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24090

Actions (login required)

View Item
View Item