Sari, Putri Adilla (2016) Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Audio Video SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_PUTRI_ADILLA_SARI_1102061_478_2017.pdf [thumbnail of B1_05_PUTRI_ADILLA_SARI_1102061_478_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_PUTRI_ADILLA_SARI_1102061_478_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi di sekolah dengan ditemukan beberapa
siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimal
(KKM) yaitu ≥ 75, dari 96 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas, sebanyak 51 orang
masih berada dibawah nilai KKM, hal ini terjadi karena berbagai faktor penyebab
diantaranya kurangnya motivasi siswa dalam belajar serta besarnya pengaruh dari
lingkungan terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan
besarnya kontribusi motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar
Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X SMKN 5 Padang. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denga jenis penelitian adalah penelitian
deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 96 siswa dan sampel
berjumlah 39 siswa kelas X Audio Video di SMKN 5 Padang tahun ajaran
2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling.
Data hasil belajar diperoleh dari Guru bidang studi Dasar Listrik dan Elektronika
SMKN 5 Padang. Sedangkan data Motivasi Belajar dan lingkungan belajar
dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan bantuan komputer program Microsoft
Office Ecxel 2010 dan SPSS 16.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan : (1)
motivasi belajar belajar dan lingkungan belajar secara bersama memberikan
kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar Listrik dan
Elektronika di SMKN 5 Padang sebesar, (2) Motivasi Belajar memberikan
kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar Listrik dan
Elektronika di SMKN 5 Padang sebesar dan (3) Lingkungan belajar memberikan
kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar Listrik dan
Elektronika di SMKN 5 Padang sebesar, Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi
belajar dan lingkungan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, semakin
tinggi motivasi belajar dan lingkungan belajar maka hasil belajar juga akan semakin
baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24068 |