Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 04 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX

Polyanti, Polyanti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 04 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_POLYATI_52334_5636_2012.pdf] Text
final_B1_6_POLYATI_52334_5636_2012.pdf

Download (449kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 04 Muaro Paiti masih belum maksimal. Hal ini disebakan karena guru mengajarkan IPA secara konvensional, sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang menekankan pada data numeric (angka) sedangkan pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, dengan menggunakan metode eksperimen hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru merancang rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I 72% dan 84%, siklus II 94% dan 97%, aktivitas guru siklus I 63% dan 75%, siklus II 83% dan 92% dan aktivitas siswa siklus I 63% dan 75%, siklus II 79% dan 92%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I pada aspek kognitif 65% dan 70%, rata-rata psikomotor 69,95 dan 73,35, dan rata-rata aspek afektif 69,95 dan 72,55, sedangkan untuk siklus II pada aspek kognitif 80% dan 90%, rata-rata psikomotor 73,35 dan 78,65, dan rata-rata afektif 73,35 dan 78,65. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menggunakan Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:01
Last Modified: 12 Sep 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item
View Item