Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Digital Siswa Kelas X TAV SMK Negeri Padang

Pane, Nurliati (2017) Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Digital Siswa Kelas X TAV SMK Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NURLIATI_PANE_1206205_2712_2017.pdf] Text
B1_05_NURLIATI_PANE_1206205_2712_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komparasi/perbandingan hasil belajar antara Model Pembelajaran Tipe STAD dengan model Pembelajaran
Langsung Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Digital siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan teknik
simple random sampling, sebagai kelas eksperimen 1 adalah X TAV C menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen 2adalah X TAV D menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas,
uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata 84,06 sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata 74,32. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thit ung> tt abel yaitu (8,619> 1,677), karena thit ung besar dari tt abel, makahipotesis nihil (H
0) ditoak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan
demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan siswa menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi nilainya dari pada siswa
yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:00
Last Modified: 12 Sep 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24059

Actions (login required)

View Item
View Item