Audika, Pipin (2013) Peningkatan Hasil Belajar KPK Dengan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas IV SD Negeri 01 Tanjung Pauh Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_PIPIN_AUDIKA_58272_1989_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_PIPIN_AUDIKA_58272_1989_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_PIPIN_AUDIKA_58272_1989_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil refleksi peneliti terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran KPK di kelas IV SDN 01 Tanjung Pauh masih belum maksimal. Hal ini disebakan karena dalam proses pembelajaran masih monoton, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga siswa kurang mengerti dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran KPK dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme, karena pendekatan kontruktivisme ini berorientasi pada siswa, dan siswa yang menemukan konsep dari KPK itu sendiri. Dan untuk meningkatkan hasil belajar KPK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang menekankan pada data numerik (angka) sedangkan pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran KPK, dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru merancang rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I peretemuan I 57%, pertemuan ke II 75% dan siklus II 96%, aktivitas guru siklus I 71%, siklus I pertemuan II 79%, dan siklus II 96% dan aktivitas siswa siklus I 67%, siklus I pertemuan II 79%, siklus II 88%. Rata-rata hasil belajar siklus I pertemuan I dari aepek kognitif adalah 70,9, afektif 55%, psikomotor 60%. Siklus I pertemuan II rata-rata kognitifnya 78,85, afektif 65% dan psikomotor 70%, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata kognitif 85,45, afektif 95% dan psikomotor 90%. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar KPK siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar KPK, Pendekatan Kontruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24042 |