Efektivitas Penggunaan Audio Visual dalam Pembelajaran Ansambel di SMP Negeri 24 Padang

Kurniawan, Edy (2015) Efektivitas Penggunaan Audio Visual dalam Pembelajaran Ansambel di SMP Negeri 24 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EDY_KURNIAWAN_4972_2015.pdf] Text
final_B1_6_EDY_KURNIAWAN_4972_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini berawal pada pelaksanaan pembelajaran seni
musik berdasarkan silabus kurikulum 2013, dimana ditemukan beberapa
masalah yang timbul dalam pelaksanaannya yaitu guru melaksaksanakan
pembelajaran yang tidak sesuainya dengan apa yang sudah dituntut
berdasarkan silabus kurikulum 2013. Selain itu guru kurang mampu
memaksimalkan penggunaan pendekatan, strategi, metode, teknik dan
media pembelajaran sebagai suatu hal yang paling penting dalam
pelaksanaan pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran.
Rumusan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas
penggunaan audio visual dalam pembelajaran ansambel. Tujuan penilitian
ini adalah mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan audio visual
dalam pembelajaran ansambel di SMP Negeri 24 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan action
research. Objek Penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.I
SMP Negeri 24 Padang. Dalam hal ini peneliti menyarankan kepada guru
untuk memakai media audio visual sebagai salah satu strategi dalam
penyampaian materi ajar musik ansambel. Sumber data dalam penelitian ini
adalah proses dan hasil dari tindakan dari penerapan audio visual pada
pembelajaran ansambel di SMP Negeri 24 Padang. Teknik pengumpulan
data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dengan penggunaan
audio visual, siswa bisa langsung menyaksikan pertunjukkan ansambel,
mengamati langsung teknik dalam bermain musik ritmis dan melodis. Hal
ini sesuai dengan apa yang sudah dituntut berdasarkan silabus. Kemudian
peneliti membuktikan dengan adanya penggunaan audio visual, hasil
belajar siswa meningkat dimana sebelum penggunaan audio visual
persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 31,25% dengan nilai rata
rata kelas 65, 625% dan setelah penggunaan audio visual persentase
ketuntasan menaik menjadi 90,625% dengan nilai rata-rata kelas 77,343%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:30
Last Modified: 12 Sep 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item
View Item