Ermaliza, Pipi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri No. 10 Mata Air Timur Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_PIPI_ERMALIZA_93555_2905_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_PIPI_ERMALIZA_93555_2905_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_PIPI_ERMALIZA_93555_2905_2012.pdf
Download (518kB)
Abstract
Pembelajaran di Sekolah Dasar khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih banyak menggunakan model belajar konvensional, sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang. Siswa memilih untuk diam dan mendengarkan tanpa memahami pelajaran yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dibidang pendidikan dan pengajaran tentang pengaruh globalisasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran tentang pengaruh globalisasi pada kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving. Hal ini tercermin dari (1) rencana pembelajaran telah mencakup hal-hal yang menjadi dasar penyusunan perencanaan, nilai yang diperoleh pada instrument penilaian RPP adalah sebagai berikut: pada siklus I 83% dan pada sikulus II 96%. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun, nilai yang diperoleh dari aspek penilaian guru adalah sebagai berikut: pada siklus I 84% dan pada siklus II 84%, sedangkan pada aspek penilaian siswa di siklus I 79% dan siklus II 95%. (3) Penilaian yang diharapkan dalam penggunaan metode Problem Solving telah meningkat. Hal ini juga ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan dari penilaian hasil dengan rata-rata adalah 53. Sedangkan nilai pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 87.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24037 |