Peningkatan Kemampuan Membaca Sekilas dengan Menggunakan Metode SQ4R bagi Siswa Kelas V SD Negeri 13 Ikur Koto Kota Padang

Selora, Pinni Tanjung (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Sekilas dengan Menggunakan Metode SQ4R bagi Siswa Kelas V SD Negeri 13 Ikur Koto Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PINNI_TANJUNG_SELORA_83325_1941_2013.pdf] Text
final_B1_6_PINNI_TANJUNG_SELORA_83325_1941_2013.pdf

Download (541kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan membaca sekilas siswa kelas V SD Negeri 13 Ikur Koto Kota Padang masih rendah dan siswa kesulitan menemukan pikiran pokok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca sekilas dengan menggunakan metode SQ4R bagi siswa kelas V SD Negeri 13 Ikur Koto Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SD yang berjumlah 23 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 7 perempuan. Prosedur penelitian melalui 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil hasil observasi dan hasil penilaian. Hasil penelitian siklus I pada tahap prabaca, siswa membuat pertanyaan berdasarkan judul dan gambar yang disurvei, pada tahap saat baca siswa membaca sekilas teks bacaan, dan tahap pasca baca siswa menemukan pikiran pokok, menceritakan kembali teks bacaan dan membandingkan isi dua teks bacaan. Siklus I pertemuan I nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap prabaca 65,5, pada tahap saat baca 50,3, dan pada tahap pasca baca 46,1. Penelitian siklus I dilanjutkan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata siswa pada prabaca 68,6, pada saatbaca mencapai 53,5, sedangkan pada pascabaca 55,5. Sedangkan pada siklus II, proses pembelajaran lebih ditingkatkan dengan menggunakan media yang lebih menarik dan teks bacaan yang lebih pendek sehingga lebih memudahkan siswa pada saat mensurvei gambar, membaca sekilas teks bacaan dan dalam menemukan pikiran pokok. Siklus II dengan nilai rata- rata yang diperoleh siswa pada prabaca siklus II meningkat menjadi 82,6, kemudian pada saat baca mencapai angka 83,6, sedangkan pada pascabaca berhasil mencapai rata-rata 74,7. Dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca sekilas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Membaca Sekilas, Metode SQ4R, Siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:30
Last Modified: 12 Sep 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item
View Item