Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 13 Silungkang Oso

Korvina, Pice (2015) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 13 Silungkang Oso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PICE_KORVINA_09897_1651_2016.pdf] Text
final_B1_6_PICE_KORVINA_09897_1651_2016.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis narasi siswa. Salah satu faktor penyebabnya rendahnya hasil belajar siswa ialah pembelajaran masih secara konkret sehingga menimbulkan kejenuhan pada diri siswa dan akhirnya berdampak negatif pada kemampuan menulis karangan siswa. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan manulis narasi melalui pendekatan CTL pada tahap pramenulis, saat menulis dan pascamenulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pada tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan dan hasil hasil karya siswa. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui pendekatan CTL. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN 13 Silungkang Oso sebanyak 13 orang. Menggunakan analisis data kulitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Hasil yang dicapai dari 13 siswa selama belajar pada siklus I masih dikatergorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat pada penilaian akhir (hasil belajar) pada kegiatan pramenulis 53,8 % untuk siklus I, pada kegiatan saatmenulis 61,53 % untuk siklus I, pada kegiatan pascamenulis 61,53 %.yaituketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah 23,07 %. Pada siklus kegiatan pada pramenulis mencapai 84,61 % , pada kegiatan saatmenulis 84,61 %, pada kegiatan pascamenulis 100 %.Penilaian akhir (hasil belajar) yang diperoleh ketuntasan yang dicapai yaitu 84, 62 %. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik dari pada sebelumnya, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:29
Last Modified: 12 Sep 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24027

Actions (login required)

View Item
View Item