Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri 21 Sungai Geringging Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Petmiwati, Petmiwati (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri 21 Sungai Geringging Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PETMIWATI 95348_523_2013.pdf] Text
final_B1_6_PETMIWATI 95348_523_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek yang penting dalam keterampilan membaca, karena membaca merupakan kunci dalam mencari ilmu pengetahuan atau mempelajari sesuatu. Namun hasil refleksi awal penulis mengajar di kelas I SD Negeri 21 Sungai Geringging, didapat kemampuan membaca siswa masih rendah, hal ini disebabkan karena minimnya penggunaan media dalam pembelajaran membaca dan siswa kurang termotivasi untuk belajar karena pada kelas rendah yaitu kelas I SD ini siswa masih ingin bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan membaca permulaan melalui media permainan kartu kata pada siswa kelas 1SD 21 Sungai Geringging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan bentuk penilaian belajar siswa dengan permainan kartu kata dalam membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa ,dengan jumlah siswa 30 orang. Guru sebagai praktisi sekaligus peneliti dan 2 orang pengamat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri dari : studi pendahuluan/refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi.sedangkan sumber data adalah hasil observasi dan hasil belajar siswa.. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dari evaluasi tindakan siklus I ke siklus II yaitu pada tahap prabaca dari 66% menjadi 72%, pada tahap saatbaca dari 65% menjadi 79%, dan pada tahap pascabaca dari 67% menjadi 74%. Dari hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu pada siklus I aktifitas siswa semula 60% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Begitu juga dengan aktifitas guru juga terjadi peningkatan semula pada siklus I 61% meningkat menjadi 83% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan permainan media kartu kata pada kelas I SD dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Melalui Permainan Kartu Kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:49
Last Modified: 12 Sep 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item
View Item