Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang.

Pesmalela, Pesmalela (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PESMALELA_95532_4510_2012.pdf] Text
final_B1_6_PESMALELA_95532_4510_2012.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga timbul kejenuhan pada siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil bejar siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru praktisi dan siswa Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2011 – 2012. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian rata-rata analisis data terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 75%, hasil rata-rata dari aspek guru pada siklus I adalah 72,22%. Hasil analisis dari aspek siswa pada siklus I adalah 69,44%, hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,17%. Hasil analisis data yang diperoleh mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran adalah 91,08%, terhadap aspek guru adalah 94,44%, terhadap aspek siswa adalah 93,05% dan hasil belajar siswa adalah 81,82%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:49
Last Modified: 12 Sep 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item
View Item