Teacher's use of wait time: a case study of questioning strategies in SMAN Padang

Daslin, Fairatul Husna (2020) Teacher's use of wait time: a case study of questioning strategies in SMAN Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAIRATUL_HUSNA_DASLIN_16018052_1343_2021.pdf] Text
B1_03_FAIRATUL_HUSNA_DASLIN_16018052_1343_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Waktu tunggu adalah waktu keheningan yang diberikan oleh guru selama proses tanya-jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak waktu yang diberikan guru antara pertanyaan yang diajukan dengan jawaban peserta didik (waktu tunggu 1); dan waktu tunggu 2, antara umpan balik siswa dan penjelasan guru. Penelitian ini juga mengkaji tentang batasan waktu tunggu yang diamati menggunakan analisis percakapan dan Stimulated Recall Interview (SRI). Partisipan penelitian ini adalah 12 guru bahasa Inggris di SMAN Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru menunggu 1-2 detik pada waktu tunggu 1 dan waktu tunggu 2. Peneliti menemukan bahwa guru di SMAN Padang memberikan waktu tunggu yang disarankan 1 (3-5 detik) dengan hanya 25% dari total pertanyaan, dan waktu tunggu 2 adalah 9%. Selain itu, peneliti menemukan bahwa jenis pertanyaan mempengaruhi waktu tunggu 1. Sebaliknya, tidak terjadi pada waktu tunggu 2. Peneliti juga menemukan fenomena yang menyebabkan adanya batasan waktu tunggu 1 dan waktu tunggu 2, yaitu pengulangan guru, interupsi guru, elaborasi guru, pertanyaan tingkat rendah dan jawaban guru sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Sep 2025 00:42
Last Modified: 12 Sep 2025 00:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24015

Actions (login required)

View Item
View Item