Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Matapelajaran PPKn untuk Siswa SMPN 32 Padang

Kafillah, Fahmi (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Matapelajaran PPKn untuk Siswa SMPN 32 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAHMI_KAFILLAH_2493_15052007_2019.pdf] Text
B1_03_FAHMI_KAFILLAH_2493_15052007_2019.pdf

Download (13MB)

Abstract

Matapelajaran PPKn yang bersifat teoritis membuat guru harus mampu
menggunakan media dan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak
merasa bosan ketika belajar PPKn. Bahan ajar serta buku literasi belum mampu
meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn terutama untuk Siswa
kelas VII. Siswa kelas VII sangat membutuhkan bimbingan guru dalam
melaksanakan proses belajar. Maka dibentuklah Lembaran kerja Perserta Didik
(LKPD) yang efektif dan efisien sesuai dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu,
Peneliti menggunakan pendekatan inkuri terbimbing. Pendekatan inkuiri terbimbing
ini menjadikan siswa lebih berfikir ilmiah layaknya seorang ilmuan tetapi
pemikiranya diarahkan oleh guru. Tujuanya peneliti yakni dapat menghasilkan
Lembaran kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada
matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa
SMPN 32 Padang. Penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE (Analisis, Design,
Devolopmen, Implementation and Evaluation). Akan tetapi peneliti hanya
menggunakan 3 tahapan saja dalam model ADDIE yaitu analisis (menentukan
masalah dan mencari solusi), design (perancangan LKPD), devolopmen
(Pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 validator satu orang dosen PPKn
dan satu orang dari guru bidang studi PPKn. Sementara subjek uji praktikalitas terdiri
dari 30 orang siswa kels VII.1 SMPN 32 Padang.Data penelitian yakni data primer
dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan yakni telah dihasilkanya Lembaran Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis
Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran PPKn untuk Siswa SMPN 32 Padang. Dari
hasil uji validitas oleh Tim validator maka dihasilkanlah LKPD yang valid dari
berbagai aspek mulai dari kelayakan isi, kegrafikan, keabsahan dan penyajian.
Sementara dari hasil uji angket pratikalitas oleh siswa maka di hasilkanlah LKPD
yang praktis dari berbagai aspek. Maka dapat di simpulkan Bahwa LKPD Berbasis
Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran PPKn bersifat valid dan praktis baik
digunakan oleh siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:26
Last Modified: 11 Sep 2025 09:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item
View Item