Lianda, Eldi Yefra (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 2 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_ELDI_YEFRA_LIANDA_1106939_1117_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_ELDI_YEFRA_LIANDA_1106939_1117_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_ELDI_YEFRA_LIANDA_1106939_1117_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif di SMK Negeri 2 Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperativ Learning Tipe Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan semester ganjil SMK Negeri 2 Sungai Penuh Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan simple random sampling, sebagai kelas kontrol adalah X TKR 1, dimana pada kelas ini menerapkan model pembelajaran ceramah dan, sebagai kelas eksperimen adalah X TKR 2 menerapkan model pembelajaran Cooperativ Learning Tipe Number Heads Togther (NHT).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 77,16, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 71,00. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung> t tabel yaitu (2,250 > 1,697), karena t hitung besar dari t tabel, maka hipotesis nihil (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan menerapakan model pembelajaran Cooperativ Learning Tipe Number Heads Togther (NHT) sebesar 6,75%. Ini berarti hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperativ Learning Tipe Number Heads Together (NHT)lebih baik dibandingkan model pembelajaran ceramah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 09:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 09:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24005 |