Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Tema Gelom bang dalam Kehidupan Mengintegrasikan Keterampilan Literasi terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang

Nurhafizah, Nurhafizah (2018) Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Tema Gelom bang dalam Kehidupan Mengintegrasikan Keterampilan Literasi terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NURHAFIZAH_14033056_4466_2018.pdf] Text
B1_05_NURHAFIZAH_14033056_4466_2018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan literasi dibutuhkan siswa dalam menjawab tantangan abad ke-21. Pemerintah Indonesia berupaya dalam memenuhi kebutuhan tersebut melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS diterapkan melalui tahap
penumbuhan minat baca, menanggapi buku pengayaan, dan strategi membaca di semua mata pelajaran. Selain itu pemerintah juga mencoba meningkatkan kompetensi siswa melalui pembelajaran IPA terpadu di SMP. Kenyataan di
lapangan menunjukkan hasil pembelajaran IPA terpadu masih tergolong rendah dan literasi siswa masih terbatas pada kemampuan membaca saja. Solusi alternatif
untuk memecahkan masalah ini adalah menerapkan LKS IPA terpadu mengintegrasikan keterampilan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh penerapan Lembar Kerja Siswa IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan mengintegrasikan keterampilan literasi terhadap
kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu desain penelitian kelompok kontrol non ekuivalen hanya dengan postes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling bertujuan.
Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, dan lembar kinerja untuk komoetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan analisis
statistik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji perbandingan dua rata-rata.
Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa penerapan LKS IPA
terpadu tema gelombang dalam kehidupan mengintegrasikan keterampilan literasi
dalam pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang berarti terhadap
kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. LKS IPA terpadu memberikan
pengaruh terhadap kompetensi siswa pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan
sikap pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, penerapan LKS IPA
terpadu tema gelombang dalam kehidupan adalah efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:25
Last Modified: 11 Sep 2025 09:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item
View Item