Fitri, Wanda (2016) Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI.IS3 SMA N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WANDA_FITRI_1106648_2030_2016.pdf [thumbnail of B1_4_WANDA_FITRI_1106648_2030_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WANDA_FITRI_1106648_2030_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya siswa yang aktif pada mata
pelajaran Sosiologi kelas XI.IS3 SMA N 1 Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari
rendahnya aktivitas siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, menjawab,
berdiskusi, dan menyimpulkan. Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha dari
guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa antara lain guru hendaknya
menggunakan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif
dalam proses pembelajaran. Adapun cara yang dapat membantu peningkatan
aktivitas belajar siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran GI (Group
Investigation
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari tiga kali
pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa
aktivitas siswa selama proses pembelajaran, yaitu aktivitas memperhatikan,
mendengarkan, bertanya, memecahkan masalah, membaca, diskusi, menganalisis,
menegluarkan pendapat, menyimpulkan, dan membuat laporan, sedangkan alat
pengumpul data berupa ceklis. Teknis analisa data menggunakan teknik statistik
deskriptif persentase dengan rumus P= (f/N) x 100%. Subjek penelitian adalah
kelas XI IIS 3 SMA N I Pariaman Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah
siswa 30 orang.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal itu dapat dilihat berdasarkan
instrumen kemampuan siswa yang diamati pada setiap pertemuan. Aktivitas
siswa dalam proses pembelajaran siklus kedua lebih baik bila dibandingkan
dengan siklus pertama. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas belajar siswa. Aktivitas siswa memperhatikan 76.67%,
mendengarkan 76.67%, bertanya 60%, memecahkan masalah 100%, membaca
86.67%, diskusi 86.67%, analisis 86.67%, mengeluarkan pendapat 60%,
menyimpulkan 53.33%, dan membuat laporan 100%. Berdasarkan hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran GI
(Group Investigation) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam hal
memperhatikan, mendengar, bertanya, memecahkan masalah, membaca, diskusi,
analisis, mengeluarkan pendapat, menyimpulkan, dan membuat laporan diskusi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran GI (Group Investigation) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 09:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 09:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23993 |