Pelayanan Air Bersih oleh Badan Pengelolaan Air Besih Nagari (BPABN) di Nagari Lansek Kadok Kabupaten Pasaman

Nurainum, Nurainum (2014) Pelayanan Air Bersih oleh Badan Pengelolaan Air Besih Nagari (BPABN) di Nagari Lansek Kadok Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NURAINUM_55033_3808_2014.pdf] Text
B1_05_NURAINUM_55033_3808_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pelayanan
publik khususnya pelayanan air bersih yang diberikan oleh Badan Pengelolaan Air
Besih Nagari Lansek Kadok di Nagari Lansek Kadok. Masih adanya masyarakat yang
mengeluh atas pelayanan yang diterimanya karena masih adanya faktor-faktor
penghambat dalam pelaksanaan pelayanan BPABN di Nagari Lansek Kadok
Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi alasan belum
optimalnya BPABN dalam melayani masyarakat Nagari Lansek Kadok Kabupaten
Pasaman, 2) Mengetahui yang menjadi faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan
pelayanan BPABN di Nagari Lansek Kadok Kabupaten Pasaman serta 3) Mengetahui
solusi yang tepat dalam mengatasi faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan
pelayanan BPABN di Nagari Lansek Kadok Kabupaten Pasaman.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan
informan dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Jenis datanya adalah data
primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi
sumber. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, analisis data, dan
penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan
publik yang diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Air Bersih Nagari Lansek
Kadok di nagari Lansek Kadok Kabupaten Pasaman masih belum optimal,
dikarenakan masih adanya pelanggan yang mengluh atas kelambanan pengelola
dalam menanggapi pengaduan keluhan pelanggan. Belum memadainya kualitas dan
kuantitas pengelola BPABN dalam pelaksanaan pelayanan publik, serta kurang
memadainya sarana fisik pelayanan yang dimiliki oleh BPABN. Serta tidak adanya
patokan waktu pelayanan yang resmi dari pengelola BPABN dalam pelaksanaan
pelayanannya, sehingga pelanggan merasa pelayanan yang diberikan oleh BPABN
tergolong lamban.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:24
Last Modified: 11 Sep 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item
View Item