Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Team Quiz di Kelas VA SD N 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Annisa, Pebrina Nur (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Team Quiz di Kelas VA SD N 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PEBRINA_NUR_ANNISA_17129246_2546_2021.pdf] Text
final_B1_6_PEBRINA_NUR_ANNISA_17129246_2546_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD N 03 Koto kaciak yang berjumlah 24 orang diantaranya 15 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: 1) perencanaan pembelajaran: yaitu rata-rata perolehan siklus I adalah 88, 88% (baik) dan meningkat pada siklus II 94,44% (Sangat Baik). 2) pelaksanaan pembelajaran, rata-rata perolehan siklus 1 adalah 89,77% (Baik) dan meningkat pada siklus II 97,72% (Sangat Baik), serta hasil penilaian aspek peserta didik rata-rata perolehan siklus 1 adalah 86,36% (baik) dan meningkat pada siklus II 95,45% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran, Model Team Quiz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:24
Last Modified: 11 Sep 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item
View Item