Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bagi Siswa Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Yuliza, Patma (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bagi Siswa Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PATMA_YULIZA_95349_4524_2012.pdf] Text
final_B1_6_PATMA_YULIZA_95349_4524_2012.pdf

Download (713kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam penyampaian pembelajaran guru masih bersifat konvensional yang menimbulkan rasa bosan pada siswa dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah, siswa belum mampu menjawab pertanyaan dengan tepat dan belum mampu menemukan pikiran pokok teks, penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membaca pemahaman.Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses belajar membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan cooperative learning tipe CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan bentuk penilaian belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, dengan jumlah siswa 15 orang. Guru sebagai praktisi sekaligus peneliti dan 2 orang pengamat. Penelitian terdiri dari siklus I dan II. Prosedur penelitian terdiri dari : studi pendahuluan/refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Sedangkan sumber datanya adalah hasil observasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dari evaluasi tindakan siklus I yaitu pada tahap prabaca dari 55% menjadi 80%, pada tahap saatbaca dari 50% menjadi 75%, dan pada tahap pascabaca dari 57% menjadi 81%. Dari hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu pada siklus I aktifitas siswa semula 70% meningkat menjadi 96% pada siklus II. Begitu juga dengan aktifitas guru juga terjadi peningkatan dengan nilai yang sama. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe CIRC pada kelas IV dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Pendekatan Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:23
Last Modified: 11 Sep 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item
View Item