Hubungan antara Persepsi Mahasiswa terhadap Profesi Guru dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Ismardi, Noval (2012) Hubungan antara Persepsi Mahasiswa terhadap Profesi Guru dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_NOVAL ISMARDI_08183.pdf] Text
final_B1_8_NOVAL ISMARDI_08183.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi
mahasiswa terhadap profesi guru dengan hasil belajar Mata Kuliah Dasar
Kependidikan (MKDK) mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin,
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Hipotesis
penelitian ini adalah Ha = terdapat hubungan positif yang signifikan antara
Persepsi Mahasiswa terhadap Profesi Guru dengan Hasil Belajar MKDK
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin FTUNP
dan H0 = tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara Persepsi
Mahasiswa terhadap Profesi Guru dengan Hasil Belajar MKDK Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.
Hipotesis ini diuji dengan menggunakan analisis korelasi yaitu untuk mengetahui
kekuatan dan signifikasi hubungan antara kedua variabel.
Penelitian ini dilakukan kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin FT – UNP tahun masuk 2007, 2008 dan
2009 yang terdafar pada semester Januari - Juni 2012 sebanyak 43 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random
Sampling (sederhana) karena setiap anggota populasi yang ada didalam sampling
frame bersangkutan mempunyai hak yang sama besar untuk dipilih menjadi
anggota sampel. Data dikumpulkan melalui angket penelitian dan data
dokumenter. Hasil analisis reliabilitas instrument adalah 0,899 (handal) untuk
variable Persepsi Mahasiswa terhadap Profesi Guru. Data penelitian selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Semua uji
menggunakan taraf signifikansi sebesar 95% atau α = 0,05.
Dari analisis penelitian ini diperoleh (1) secara umum persepsi mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin FT - UNP
terhadap profesi guru cenderung sangat positif dan tidak satu pun yang
mempunyai persepsi negatif. (2) antara variable persepsi mahasiswa terhadap
profesi guru dengan variable hasil belajar MKDK mahasiswa Program Studi
Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin FT – UNP terdapat korelasi yang
sangat kuat yakni sebesar 0,308 dan signifikan pada taraf kepercayaan 95%.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa
terhadap profesi guru merupakan faktor yang memberikan pengaruh terhadap
hasil belajar. Dengan demikian, diharapkan persepsi yang positif mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin FT – UNP
terhadap profesi guru dapat terus dijaga dan ditingkatkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:23
Last Modified: 11 Sep 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23972

Actions (login required)

View Item
View Item