Pahmi, Pahmi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) di Kelas IV SDN 07 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_PAHMI_58374_3971_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_PAHMI_58374_3971_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_PAHMI_58374_3971_2012.pdf
Download (970kB)
Abstract
Penelitian ini berasal dari kenyataan di lapangan yaitu di SDN 07 Lembah Melintang bahwa proses pembelajaran lebih sering menggunakan metode ceramah atau konvensional, bahkan guru sangat jarang sekali menggunakan model kooperatif dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran tersebut membosankan dan siswa sulit memahami materi pelajaran khususnya mata pelajaran PKn. Melihat fenomena di atas peneliti tertarik menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT di Kelas IV SDN 07 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 07 Lembah Melintang, kecamatan Lembah Melintang dengan jumlah 22 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penilaian penelitian setelah siklus I pertemuan I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 68%, aspek afektif 65%, aspek psikomotor 68%,oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus I pertemuan II menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 73%, aspek afektif 74%, aspek psikomotor 76%, oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 95%, aspek afektif 80%, aspek psikomotor 80%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I pertemuan I dan II ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23956 |