Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Quantum Teaching di Kelas V SDN 06 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Sari, Padila (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Quantum Teaching di Kelas V SDN 06 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PADILA_SARI_56780_3310_2013.pdf] Text
final_B1_6_PADILA_SARI_56780_3310_2013.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SDN 06 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam bahwa guru dalam pembelajaran IPS: 1)jarang menggunakan berbagai model pembelajaran yang inovatif, 2)kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat, 3)siswa hanya menerima saja materi yang disampaikan oleh guru, 4)guru masih menjadi pusat pembelajaran, 5)kurang menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri siswa dan 6)siswa jarang diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya. Sehingga berlangsung pembelajaran IPS yang tidak mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dan kritis siswa. Disamping itu hasil belajar masih rendah. Untuk itu diadakan suatu penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunkan model Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan hasil tes belajar siswa. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Quantum Teaching di kelas V SDN 06 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: (1) RPP siklus I memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 73 meningkat pada RPP siklus II memperoleh rata-rata 96 dengan kriteria sangat baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 74 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 91,5 dengan kriteria sangat baik dan pada aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata 73 dengan kriteria baik, pada siklus II menjadi 90 dengan kriteria sangat baik, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ratarata 72,61 meningkat menjadi 82,91 pada siklus II. Dengan menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 06 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:54
Last Modified: 11 Sep 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23954

Actions (login required)

View Item
View Item