Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hasil Kali Kelarutan di SMAN 5 Padang.

Afriani, Tety (2015) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hasil Kali Kelarutan di SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_TETY_AFRIANI_18458_4127_2015.pdf] Text
final_B1_7_TETY_AFRIANI_18458_4127_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempunyai peranan penting dalamkehidupan yang seharusnya menjadi mata pelajaran yang menarik bagi siswa.Namun kenyataannya pelajaran kimia kurang menarik bagi siswa karena metodepembelajaran yang kurang bervariasi. Akibatnya guru melaksanakan prosespembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Salah satu upaya yangdapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan metodepembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara berdiskusi dalam kelompokkecil dan dalam kelompok tamu untuk memahami materi yang dipelajari. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penerapan metodepembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray ( TSTS ) terhadap hasil belajarsiswa pada materi Hasil Kali Kelarutan di SMAN 5 Padang. Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized ControlGroup Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahunajaran 2014 – 2015 di SMAN 5 Padang. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ratarata tes akhir kelas eksperimen adalah (78,22) dan untuk kelas control adalah (77).Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai thitung < ttabel.Data yang diperoleh menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan metodepembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) tidak dapatmeningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan metodekonvensional di SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:49
Last Modified: 11 Sep 2025 06:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item
View Item