Ospianilda, Ospianilda (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 07 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_OSPIANILDA_57126_5642_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_OSPIANILDA_57126_5642_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_OSPIANILDA_57126_5642_2012.pdf
Download (450kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas IV SD Negeri 07 Kinali Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan bahwa siswa kurang mengerti dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat positif dengan negatif (+) + (-) dan penjumlahan dua bilangan bulat negatif (-) +(-) . Hal ini disebabkan siswa belum menemukan sendiri hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran penjumlahan bilangan bulat, dan selama proses pembelajaran siswa hanya menerima materi dari guru, kemudian mencatat dan mengerjakan latihan. Dimana siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, semua kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk itu diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat melalui pendekatan inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan proses pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat. Adapun subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 07 Kinali. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh hasil 73% dengan kriteria cukup, pelaksanaan dari aspek guru 71% kriteria cukup dan dari aspek siswa 69% kriteria, cukup, hasil belajar siswa dengan rata-rata 66 dengan kriteria belum tuntas. Sedangkan pada siklus II perencanaan diperoleh hasil 93% dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan dari aspek guru 92% dengan kriteria sangat baik dan dari aspek siswa 90% dengan kriteria sangat baik, hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dengan kriteria sudah tuntas. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan inkuiri pada pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Penjumlahan Bilangan Bulat, Pendekatan Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23918 |