Fiftin, Osni (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri di Kelas VI SD Negeri 16 Air Tawar Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_OSNI_FIFTIN_90405_2766_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_OSNI_FIFTIN_90405_2766_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_OSNI_FIFTIN_90405_2766_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 16 Air Tawar Timur Padang Kota Padang hasil pembelajaran IPA masih rendah. Karena dalam proses pembelajaran IPA guru yang mendomonasi dengan metode ceramah,siswa terlihat tidak mampu membangun pengetahuannya sendiri. Untuk itu diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( action research) di bidang pendidikan dan pengajaran IPA dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan . Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 16 Air Tawar Timur Kota Padang yang berjumlah 34 orang yaitu 16 laki –laki dan 18 perempuan. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I pada perencanaan diperoleh hasil nilai rata - rata 80,35% kualifikasi B meningkat pada siklus II 92,9 % kualifikasi BS. Siklus I dari aspek guru hasil nilai rata-rata 72,91% kualifikasi C di siklus II meningkat menjadi 91,66 % kualifikasi BS . Dari aspek siswa siklus I nilai hasil rata – rata 63,39 % kualifikasi C meningkat pada siklus II menjadi 91,07% dengan kualifikasi BS .Nilai hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I nilai rata – rata 70,36 % dengan kualifikasi C meningkat pada siklus II menjadi 86,56 % kualifikasi BS. ranah afektif Siklus I nilai rata – rata 62,86% dengan kualifikasi C siklus II meningkat menjadi 85 % dengan kualifikasi B, dan ranah psikomotor siklus I nilai rata – rata 71,57 % dengan kualifikasi C meningkat pada siklus II menjadi 74,73 kualifikasi B. Jadi dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Metode Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23915 |