Martiana, Olivia (2013) Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Siswa Melalui Cooperative Learning di SMP Negeri 1 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_OLIVIA_MARTIANA_04862_2183_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_OLIVIA_MARTIANA_04862_2183_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_OLIVIA_MARTIANA_04862_2183_2013.pdf
Download (400kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bernyanyi melalui Cooperative Learning di SMP Negeri 1 Tiumang kabupaten Dharmasraya, semester ganjil 2012. Jenis penlitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini pembelajaran bernyanyi melalui Cooperative Learning dalam pembelajaran seni budaya (seni musik) kelas VIII. 2.Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Data primer berkaitan dengan meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa melalui Cooperative Learning di SMP Negeri 1 Tiumang kabupaten Dharmasraya yang berkaitan dengan:irama, melodi dan penyajian lagu. Data sekunder adalah data yang berkaitan langsung dengan pembelajaran seni budaya, observasi (pengamatan) langsung pada proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data diukur melalui tingkat kemahiran dan ketepatan dalam membaca irama, melodi dan penyajian lagu. Hasil penelitian ini menenemukan bahwa langkah-langkah pembelajaran Cooperative Learning adalah membentuk kelompok yang terdiri dari 5 atau 6 orang.Setiap kelompok terdiri dari siswa pintar benyanyi, sedang dan kurang, kemudian bekerja sama dalam kelompok masing-masing. Siswa mempraktekkan lagu Lir-Ilir secara berkelompok di depan kelas. Hasil yang diperoleh memperlihatkan peningkatan kemampuan bernyanyi siswa setelah diterapkannya Cooperative Learning. Hal ini ditandai dengan: siswa membaca nada dengan tepat, menerapkan irama yang stabil, dan memproduksi suara dengan baik. Hasil evaluasi siswa yang mampu menguasai lagu dengan benar diberi nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 73. Nilai siswa dibawah 73 dianggap belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kemampuan, Bernyanyi Siswa Melalui Cooperative Learning |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:01 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23893 |