Pareni, Yonata (2016) Desain Perangkat Pembelajaran Fisika berorientasi Strategi Konflik Kognitif pada Konsep Kalor di Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_PARENI_YONATA_1201408_4562_2016.pdf [thumbnail of B1_05_PARENI_YONATA_1201408_4562_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_PARENI_YONATA_1201408_4562_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran belum
mengoptimalkan peserta didik untuk mengkontruksi atau membentuk
pengetahuannya sendiri, hal ini disebabkan masih terbatasnya perangkat
pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi
strategi konflik kognitif yang layak ditinjau dari validitas dan praktikalitas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) yang di
reduksi sampai develop. Uji validitas dan praktikalitas perangkat melibatkan
enam orang dosen, dua orang guru, dan subjek uji coba terbatas terhadap satu
rombongan belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Airpura.
Hasil uji validitas perangkat pembelajaran terhadap RPP dengan nilai
92.06% dan LKPD dengan nilai 88.91%, keduanya berada pada kriteria sangat
valid. Rata-rata nilai hasil praktikalitas oleh guru untuk RPP sebesar 92.81% dan
untuk LKPD yaitu 91.89%, keduanya dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan
nilai rata-rata praktikalitas terhadap peserta didik sebesar 74.54% dengan kriteria
praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, perangkat pembelajaran yang
dihasilkan berada pada kategori layak dipakai untuk pembelajaran fisika
SMA/MA ditinjau dari validitas dan praktikalitasnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:01 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23892 |