Komparasi Media Pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X SMKN 1 Lintau Buo

Paisah, Daulay (2018) Komparasi Media Pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X SMKN 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_PAISAH_DAULAY_1306261_1028_2018.pdf] Text
B1_05_PAISAH_DAULAY_1306261_1028_2018.pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase
komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
Macromedia Flash dan Power Point pada model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika kelas X TAV semester ganjil SMKN 1 Lintau Buo Tahun Ajaran
2017/2018. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan
sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling,
sebagai kelas eksperimen I adalah X TAV 1 menggunakan media pembelajaran
Macromedia Flash dan kelas eksperimen II adalah X TAV 2 menggunakan media
pembelajaran Power Point. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test,
kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari
hasil penelitian, kelas eksperimen I mendapatkan nilai rata-rata 83,53, sedangkan
kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 79,06. Hasil perhitungan hipotesis
pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t
hit ung
> t
t abel
yaitu (2,820> 1,695), karena
t
hit ung
besar dari t
t abel
, maka hipotesis nihil (H
0
) ditolak dan hipotesis alternatif (H
a
)
diterima. Besar persentase komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan
media pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point dengan model
pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika di SMKN 1 Lintau Buo yaitu sebesar 5,65%. Dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran Macromedia Flash memberikan presentasi hasil
belajar yang lebih baik dibandingkan dengan media Power Point pada model
pembelajaran Problem Based Learning .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH, MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:01
Last Modified: 11 Sep 2025 02:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23890

Actions (login required)

View Item
View Item