Putra, Olce Dwi (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Seni Musik Dengan Menggunakan Pendekatan Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_OLCE_DWI_PUTRA_01735_1515_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_OLCE_DWI_PUTRA_01735_1515_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_OLCE_DWI_PUTRA_01735_1515_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah, bahwa guru Seni Musik masih menggunakan Metode Ceramah. Metode ini kurang efektif dilakukan karena tidak menciptakan suasana pembelajaran yang tidak aktif dan kreatif. Maka dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan Pendekat an Belajar Kelompok dalam pembelajara n Seni Musik kelas VIII dengan hasil belajar siswa pembelajaran Konvensional. Adapun tujuan dari penelit ian ini adalah untuk mendiskripsikan Pendekatan Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Batusangkar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang bersifat Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar, pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing tiap lokal sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujian (tes formatif) dengan jenis tes tulis dalam bentuk soal objektif sebanyak 40 butir. Setelah diperoleh data, terlebih dahulu dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas kemudian baru dianalisis dengan menggunakan t-Tes. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan Uji-t dengan kriteria diterima hipotesis jika t Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas Eksperi men 81,41 lebi h tinggi dari rata-rata nilai kelas Kontrol 72.97. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t untuk 0,05 dengan df sebesar 62 adalah 2,000 sehingga t hitung hit ung 4,91 sedangkan pada t >t tabel. tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Pendekatan Belajar Kelompok dengan siswa kelas Konvensional pada mata pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Batusangkar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Seni Musik Dengan Menggunakan Pendekatan Belajar Kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:01 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23889 |