Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) Di Kelas IV SD N 20 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Putra, Oktavioriko Marjali (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) Di Kelas IV SD N 20 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_OKTAVIORIKO_MARJALI_PUTRA_07640_3331_2016.pdf] Text
final_B1_6_OKTAVIORIKO_MARJALI_PUTRA_07640_3331_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan membaca pemahaman khususnya intensif siswa kelas IV SDN 20 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca Intensif dengan menggunakan metode SQ4R pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca di kelas IV SDN 20 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi diadakan setiap satu tindakan berakhir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil pembelajaran membaca intensif. Penelitian ini merupakan data dari pelaksanaan peningkatan kemampuan membaca intensif pada tahap prabaca, saat baca dan pascabaca. Setelah dilakukan penelitian dengan dengan menggunakan metoe SQ4R, kemampuan membaca intensif siswa telah meningkat. Nilai proses siklus I pada tahap prabaca 75 %, saatbaca 58,33 % dan pada pascabaca 58,33 %. Peningkatan terjadi pada siklus II nilai proses tahap prabaca 87,5 %, saatbaca 83,33 % dan tahap pascabaca 75 %. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata pada prabaca mencapai 66, pada saat baca hanya mencapai 68, sedangkan pada pascabaca 70,5. Peningkatan pembelajaran terjadi pada siklus II nilai pembelajaran pada prabaca siklus II meningkat menjadi 88, kemudian pada saat baca mencapai 94, sedangkan pada pascabaca berhasil mencapai rata-rata 82. Dengan demikian metoe SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif di kelas IV SDN 20 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:29
Last Modified: 11 Sep 2025 01:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23882

Actions (login required)

View Item
View Item