Pengaruh Penggunaan Sudoku Games Terhadap Penguasaan Katakana Siswa kelas XI SMA Negeri 7 padang

Adella, Rusti (2020) Pengaruh Penggunaan Sudoku Games Terhadap Penguasaan Katakana Siswa kelas XI SMA Negeri 7 padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_ADELLA_RUSTI_15180001_1212_2020.pdf] Text
final_B1_11_ADELLA_RUSTI_15180001_1212_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala siswa dalam menghafal
huruf katakana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sudoku
games terhadap penguasaan katakana siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu
dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPA 1 dan seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7
Padang dengan program lintas peminatan bahasa Jepang sebanyak 67 siswa, dan
yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 31 siswa
sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas
eksperimen. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen tes tertulis
berupa objektif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sudoku games
pengaruh dalam pembelajaran katakana siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7
Padang signifikan 0,05. Hal tersebut terlihat dari Fhitung < Ftabel (1,52 < 1,84).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sudoku Games, penguasaan katakana
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:19
Last Modified: 10 Sep 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item
View Item