Widyawati, Sari (2020) Kontribusi Perpustakaan Sekolah dalam Mengatasi Problematik Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2019/2020. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_SARI_WIDYAWATI_16234031_4009_2020.pdf [thumbnail of final_B1_8_SARI_WIDYAWATI_16234031_4009_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_SARI_WIDYAWATI_16234031_4009_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimanakah
kontribusi perpustakaan sekolah dalam mengatasi problematik gerakan literasi
sekolah di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan 2) untuk mengetahui faktor-faktor apa
saja pendukung dan penghambat gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 5 Koto
XI Tarusan 3) solusi seperti apakah yang dilakukan oleh guru dan pustakawan
dalam gerakan literasi di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan.
Penelitian ini adalah jenis penilian kualitatif dengan menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi dari sumber data. Pihak yang di
wawancarai antara lain: guru SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan, pustakawan SMP
Negeri 5 Koto XI Tarusan, siswa-siswi SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan. Analisis
data dimulai saat penulis mengumpulkan data, dengan cara pengorganisasian,
pemecahan, sintesis, menentukan pola, memilah data yang penting dan tidak
dengan mengacu pada kontribusi pada upaya menjawab fokus penelitian gerakan
literasi sekolah.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan mengarah kepada kesimpulan
yaitu: 1) gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan yaitu 15 menit membaca buku
non-pelajaran, tahap pengembangan yaitu meningkatkan kemampuan membaca
dengan menganalisis buku yang sudah dibaca, tahap pembelajaran yaitu
dilanjutkan dengan menganalisis serta pemberian tagihan akademik 2) kontribusi
yang dilakukan adalah menrapkan program-program gerakal literasi seperti pojok
literasi, memberikan hadiah kepada siswa, pustakawan memberikan pelayanan
yang baik kepada guru dan siswa, jam buka layanan perpustakaan dan membaca
Al-Quran, asmaul husna dan nyanyian Indonesia raya. 3) faktor penghambat
kegiatan literasi di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan: sarana prasarana yang tidak
memadai, ketersediaan buku yang tidak lengkap, tidak motivasi siswa agar
mengikuti kegiatan dengan baik, memberikan arahan atau teguran, 4)
menghimbau kepada seluruh warga sekolah baik guru ataupun siswa untuk gemar
membaca dan menullis agar menjadi pribadi yang literat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERPUSTAKAAN SEKOLAH |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:03 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23869 |