Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Thing Pair Share di Kelas V SDN 12 Pahambek Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam

Oktavioni, Oktavioni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Thing Pair Share di Kelas V SDN 12 Pahambek Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_OKTAVIONI_95300.pdf] Text
final_B1_6_OKTAVIONI_95300.pdf

Download (850kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metoda ceramah yang menganggap pelajaran IPS adalah hafalan. Diantara berbagai model pembelajaran yang ada terdapat cooperative learning tipe Thing Pair Share. Model ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir dan berdiskusi dengan teman sehingga mereka dapat menjelaskan materi yang mereka bahas dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tidakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik observasi, pencatatan lapangan dan evaluasi berupa soal objektif 10 butir soal dan isian pendek 5 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif model interatif yang terdiri dari reduksi data, peyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan model pembelajaran cooperative learning tipe TPS terlihat adanya peningkatan secara kualitatif dan kuantitatif. Guru dan siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran. Dari hasil Perencanaan Pembelajaran pada siklus I 78% menjadi 94% pada siklus II. Pada hasil pelaksanaan aktivitas guru siklus I 75% pada siklus II 87%. Pelaksanaan aktivitas siswa siklus I 69% siklus II 90%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan terlihat rata-rata siklus I 67 meningkat pada siklus II 85. Dari hasil tes yang telah dilakukan teryata tingkat pemahaman siswa terhadap materi meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Thing Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:17
Last Modified: 10 Sep 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item
View Item