safitri, Olla (2021) Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan
negara lain. Indikasi rendahnya kualitas pendidikan Indonesia tersebut salah
satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil
belajar peserta didik. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang
menjelaskan fenomena sehari-hari yang terjadi di alam. Pembelajaran Fisika
tentunya harus memilih metode pembelajaran yang sesuai dan baik untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun, beberapa masalah yang
ditemukan di berbagai artikel terkait hasil belajar peserta didik diantaranya
pembelajaran di sekolah cenderung berpusat pada pendidik, menggunakan metode
konvensional, sehingga peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan
baik. Jika hal ini terus terjadi maka akan berdampak terhadap hasil belajar peserta
didik. Oleh sebab itu dibutuhkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu
dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.Penelitian ini
bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
terhadap hasil belajar peserta didik yang ditinjau dari jenjang pendidikan, dan
materi pelajaran.
Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta-analisis yaitu penelitian
yang dilakukan dengan cara merangkum data penelitian yang sejenis. Artikel dari
penelitian ini terdiri dari 15 artikel yang telah memiliki ISSN.Instrument yang
digunakan adalah kode kategori dan perhitungan ukuran efek.Langkah-langkah
penelitian meta-analisis yaitu melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan data,
mempelajari dan menilai artikel, menganalisis dan menafsirkan artikel dan
menyusun hasil laporan. Teknik analisis sata yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menghitung ukuran efek menggunakan rumus Glass (1981) berdasarkan
rerata, standar deviasi, dan uji t.
Dari analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil
penelitian.Pertama, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
memberikan pengaruh yang berarti jenjang pendidikan SMA dibandingkan pada
jenjang pendidikan SMP dan SD. Kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing memberikan pengaruh yang berarti pada materi usaha dan kalor
dengan rata-rata ukuran efek 3.03 . Ketiga, penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing memberikan efek sangat tinggi terhadap hasil belajar kognitif peserta
didik dengan nilai ukura efek nya adalah 2.44
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:52 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23861 |