Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran KKPI Kelas X TKJ di SMK N 1 Pulau Punjung

Nanda, Okta Wellyan (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran KKPI Kelas X TKJ di SMK N 1 Pulau Punjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_OKTA_WELLYAN_NANDA_91734_1066_2012.pdf] Text
final_B1_6_OKTA_WELLYAN_NANDA_91734_1066_2012.pdf

Download (430kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) masih dibawah rata-rata, diperkirakan terjadi karena adanya penggunaan metode mengajar yang kurang tepat di Sekolah. Peneletian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh penggunaan metode Quantum Teaching terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI Kelas X TKJ di SMKN 1 Pulau Punjung. Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan data apa adanya yang dikumpulkan dari sampel yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, kemudian dihitung standar deviasi dan koefisien variasi. Adapun variabel yang dideskripsikan adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada kelas eksperimen model Direct Instruction pada kelas kontrol dan hasil belajar. Hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan hanya model Direct Instruction, ini terlihat dari rata-rata kedua kelas sampel tersebut. Dengan menggunakan metode Quantum Teaching rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,7 dan hasil belajar siswa dengan model Direct Instruction adalah 71,33. Terdapat pengaruh yang positif signifikan pengggunaan metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI pada kompetensi software pengolah angka, dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 77,7 sedangkan kelas kontrol 71,33. Perhitungan uji t menunjukan bahwa t hitung memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan dengan t yaitu t 0 = 11,18 > t t = 2,00 pada taraf nyata 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang positif signifikan penggunaan metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ SMK N 1 Pulau Punjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penggunaan, Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:27
Last Modified: 10 Sep 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item
View Item