Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA.

Putri, Tari Gustiana (2021) Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_TARI_GUSTIANA_PUTRI_17035168_968_2022.pdf] Text
final_B1_7_TARI_GUSTIANA_PUTRI_17035168_968_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwaUjian Nasional (UN) pada tahun 2021 akan dihapuskan dan digantikan denganAsesmen Kompetensi Nasional (AKM). Adanya AKM menjadi perubahan baruuntuk mengevaluasi pendidikan Indonesia. AKM menilai literasi membaca danliterasi numerasi. Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yangtermasuk dalam AKM. Adanya literasi kimia membantu peserta didik dalammenerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam berbagai konteks kehidupan seharihari. Oleh karena itu diperlukan instrumen tes literasi kimia untuk membantupeserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desainpenelitian Model of Educational Reconstruction (MER). Butir soal literasi kimiayang dikembangkan dilakukan uji validitas konten bersama subject matter expert(SME). Analisis data diolah menggunakan pemodelan Rasch denganmenggunakan aplikasi facets.Hasil analisis validitas konten menunjukkan hasil persetujuan (exactagreements) sebesar 80,1% dengan perkiraan persetujuan (expected agreements)sebesar 80,7% dan kirteria butir soal berdasarkan nilai outfit MNSQ, outfit ZSTD,dan Pt Mean Corr yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satudari sepuluh butir soal literasi kimia yang dikembangkan memiliki kategori tidakvalid. 3 dari 14 aspek yang belum terpenuhi dari kriteria yang dinilai olehvalidator dapat diperbaiki berdasarkan saran oleh SME. Validator dalammemberikan penilaian secara konsisten berdasarkan nilai reliabilitas validatoryaitu 0,80 yang termasuk kategori bagus. Oleh karena itu perlu dilakukan validasikembali sebelum dilakukan uji tes terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LITERASI KIMIA, HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:13
Last Modified: 10 Sep 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23858

Actions (login required)

View Item
View Item