Dini, Ogi Tritama (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_OGI_TIRTAMA_DINI_01371_4236_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_OGI_TIRTAMA_DINI_01371_4236_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_OGI_TIRTAMA_DINI_01371_4236_2012.pdf
Download (584kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan serta memecahkan permasalahan yang ditemukan siswa dalam kehidupan. Hal ini mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak bersemangat untuk belajar. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model PBL yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 10 Bandar Buat yang Siswa berjumlah 33 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Penilaian RPP siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,9% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%, b) penilaian aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 68,7% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%, c) penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 64% dan siklus II meningkat menjadi 78,1%, d) penilaian hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 67,3% dan siklus II meningkat menjadi 80,3%. Dengan demikian,model PBL dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Model Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:37 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23853 |