Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer di Kelas V SD

Sari, Ogi Maya (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer di Kelas V SD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_OGI_MAYA_SARI_54298_2727_2015.pdf] Text
final_B1_6_OGI_MAYA_SARI_54298_2727_2015.pdf

Download (705kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SD Negeri 59 Pakan Sinayan kota Payakumbuh ditemui permasalahan bahwa banyaknya materi IPS yang bersifat hafalan membuat guru kesulitan mendisain pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 59 Pakan Sinayan kota Payakumbuh sebanyak 29 orang, yang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan tahaptahap model pembelajaran Advance Organizer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Perencanaan siklus I rata-ratanya 83% dengan kualifikasi baik, siklus II rata-ratanya 93% dengan kualifikasi sangat baik, b) Pelaksanaan siklus I aspek guru rata-ratanya 89% dengan kualifikasi baik, pada siklus II rata-ratanya 93% dengan kualifikasi sangat baik dan pelaksanaan siklus I aspek siswa rata-ratanya 84% dengan kualifikasi baik, pada siklus II rataratanya 91% dengan kualifikasi baik , c) Hasil belajar siswa siklus I rata-ratanya 77 dengan kualifikasi cukup, siklus II rata-ratanya 87 dengan kualifikasi baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Advance Organizer
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:37
Last Modified: 10 Sep 2025 06:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23852

Actions (login required)

View Item
View Item