Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Baterai Siswa Jurusan Otomotif Smk N 1 koto XI Tarusan

Zulheki, Zulheki (2013) Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Baterai Siswa Jurusan Otomotif Smk N 1 koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_ZULHEKI_87797_521_2013.pdf] Text
final_B1_10_ZULHEKI_87797_521_2013.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan status sosial ekonomi orang tua siswa,
yang diduga berdampak pada rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran baterai
kelas II Jurusan Otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan
hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran baterai siswa Jurusan Otomotif SMK Negeri 1 koto XI Tarusan.
Hipotesis yang di ajukan adalah terdapat hubungan status sosial ekonomi orang
tua dengan hasil belajar mata pelajaran baterai siswa jurusan Otomotif SMK
Negeri 1 koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional
dengan populasi adalah siswa Kelas II Jurusan Otomotif dengan jumlah populasi
63 Orang siswa. Sampel sebanyak 40 orang siswa diambil dengan menggunakan
teknik Proporsional Random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah angket dengan Skala Likert. Instrumen
di uji cobakan pada 30 orang siswa untuk melihat validitas dan reliabilitas butir
pernyataan. Dari 40 butir pernyataan status sosial ekonomi orang tua (X)
diperoleh 36 butir pernyataan yang dinyatakan valid, dengan tingkat reliabilitas
0,899. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi linear
sederhana dan dilakukan uji t untuk melihat keberartian koefisien korelasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa status sosial ekonomi orang tua
mempunyai korelasi rxy 0,673 dengan hasil belajar siswa. Dari hasil analisa data
status sosial ekonomi orang tua tersebut diketahui memberikan kontribusi dengan
hasil belajar mata pelajaran baterai siswa Jurusan Otomotif di SMK Negeri 1 koto
XI Tarusan sebesar 45,29%. berdasarkan temuan ini dapat di simpulkan bahwa
status sosial ekonomi orang tua adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:36
Last Modified: 10 Sep 2025 06:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23847

Actions (login required)

View Item
View Item