Fantory, Yuza (2012) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_YUZA FANTORY_00626_2012_4189.pdf [thumbnail of final_B1_10_YUZA FANTORY_00626_2012_4189.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_YUZA FANTORY_00626_2012_4189.pdf
Download (884kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat
melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Padang.
Rendahnya hasil belajar pada mata diklat sistem pemindah tenag siswa kelas XI
Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang, tidak terlepas dari beberapa
faktor yang mempengaruhinya. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh
persepsi siswa tentang penggunaan media animasi dan seberapa kuat
hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun
hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan persepsi
siswa tentang penggunaan media animasi dengan hasil belajar siswa pada mata
diklat sistem pemindah tenaga kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1
Padang”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang media animasi
dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem pemindah tenaga. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan
SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 85 orang. Sampel dalam penelitian ini
diambilkan dari populasi sebanyak 46 orang yang ditentukan dengan
menggunakan rumus Taro Yamane. Data persepsi siswa tentang penggunaan
media animasi diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah
angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan angket
penelitian dilakukan tanggal 7 Mei 2012 sampai dengan tanggal 20 juni 2012 pada
populasi yang berada di luar sampel penelitian. Sedangkan data hasil belajar mata
diklat sistem pemindah tenag diperoleh dari nilai rapor semester ganjil TA 2011-
2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk
menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t
sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada
populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,5702> 0,297) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (4,35252
> 1,684) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang
penggunaan media animasi dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem
pemindah tenaga kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:35 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23842 |