Olivia, Suhadah (2022) Disain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Pada Materi Gerak Melingkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_OLIVIA_SUHADAH_18033037_4744_2022.pdf [thumbnail of B1_05_OLIVIA_SUHADAH_18033037_4744_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_OLIVIA_SUHADAH_18033037_4744_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman konsep siswa SMA pada materi gerak melingkar yang
ditemukan di lapangan masih rendah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah mendisain multimedia interaktif berbasis
konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi
gerak melingkar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik dan
validitas terhadap multimedia interaktif berbasis konflik kognitif.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian pengembangan
menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan
(Preliminary Research), tahap pengembangan (Develop or Prototyping Phase),
dan tahap asesmen (Assessment Phase), penelitian dibatasi sampai tahap Develop
or Prototyping Phase pada tahap uji validitas. Instrumen penelitian pendahuluan
berupa lembar analisis jurnal dan angket guru. Sementara itu, lembar evaluasi diri
dan lembar validasi digunakan pada tahap pengembangan. Teknik analisis data
analisis jurnal, angket guru serta evaluasi diri menggunakan teknik persentase,
untuk validasi produk mengunakan V Aiken.
Pada tahap Preliminary Research didapatkan hasil yaitu rendahnya
pemahaman konsep pada materi gerak melingkar siswa SMA dengan kurang
melibatkan siswa dalam kegiatan eksperimen dalam menemukan konsep,
pembelajaran masih berpusat pada guru, dan kurang tersedianya bahan ajar
berbasis multimedia interaktif. pada tahap Develop or Prototyping Phase telah
didisain multimedia interaktif dengan karakteristik disusun berdasarkan sintaks
model pembelajaran berbasis konflik kognitif. Hasil self-evaluation diperoleh
dengan kriteria sangat baik. Hasil pada expert review uji validitas diperoleh rata-
rata hasil validasi 0,71 dengan kategori valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi gerak melingkar
adalah valid sehingga dapat dilanjutkan pada tahap uji praktikalitas dan
efekktivitas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MULTIMEDIA INTERAKTIF, KONFLIK KOGNITIF, MISKONSEPSI, GERAK MELINGKAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:12 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23838 |