Hadi, Nurul (2014) Peningkatan Keterampilan Memainkan Alat Musik “Talempong pacik” dengan Model Pembelajaran Langsung Bagi Siswa Kelas V SDN 28 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURUL_HADI_96308_2858_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURUL_HADI_96308_2858_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURUL_HADI_96308_2858_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran memainkan alat musik talempong pacik selama ini masih sangat jauh dari apa yang diharapkan, dimana guru tidak mampu menciptakan pembelajaran yang bisa mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan keterampilan siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Keterampilan Memainkan Alat Musik Talempong Pacik dengan Model Pembelajaran Langsung Bagi Siswa Kelas V SDN 28 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 28 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dan sumber data penelitian diperoleh dengan observasi di kelas V SDN 28 Batipuh Kabupaten Tanah Datar pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Analisis data dilaksanakan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh penilaian terhadap RPP 67.86 % dengan kualifikasi cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92.86 % dengan kualifikasi sangat baik. Aktifitas guru pada siklus I mendapatkan nilai 75 % dengan kualifikasi cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91.66 % dengan kualifikasi sangat baik. Aktifitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai 62.50 dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 95.83 dengan kualifikasi sangat baik. Siswa yang semula tidak pandai teknik memainkan talempong pacik sekarang sudah banyak yang terampil memainkannya. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan memainkan alat musik talempong pacik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Keterampilan, Alat Musik Talempong Pacik Dengan Model Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:34 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23832 |