Sari, Nurul Hadhistia (2015) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Realistics Mathematics Education di Kelas II SD Negeri 27 Gadut AgamPeningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Realistics Mathematics Education di Kelas II SD Negeri 27 Gadut Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NURUL_HADHISTIA_SARI_93687_2871_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_NURUL_HADHISTIA_SARI_93687_2871_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NURUL_HADHISTIA_SARI_93687_2871_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi selama ini pembelajaran operasi hitung campuran belum dimulai dengan masalah yang real bagi siswa, siswa belum mengembangkan model sendiri dalam menyelesaikan masalah dari bentuk konkret ke abstrak, belum mampu memberikan penjelasan dan alasan atas jawaban mereka. Siswa belum mampu merangkum dari masalah kehidupan sehari – hari yang telah dikerjakannya. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.Guru jarang menggunakan pendekatan yang dapat mengaitkan materi operasi hitung campuran dengan kehidupan sehari – hari siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil pembelajaran operasi hitung campuran di kelas II SD. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas II SD dengan jumlah 26 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Data penelitian ini berupa pengamatan, tes, observasi, aktivitas guru dan siswa dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan pembelajaran operasi hitung campuran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata dari 77% menjadi 93,7%, aktivitas guru dari 70,8% menjadi 89,6%, aktivitas siswa dari 70,8% menjadi 85,4%, serta hasil belajar siswa dari aspek kognitif dari 68 terjadi peningkatan menjadi 77,5 , aspek afektif dari 62,34 menjadi 79,2, dan aspek psikomotor dari 66,8 menjadi 74,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan realistic mathematics education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran di kelas II SD Negeri 27 Gadut, Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Operasi Hitung Campuran dengan Realistics Mathematics Education |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:34 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23829 |